primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Menstruasi pada Bayi Newborn, kok Bisa?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Neonatal Uterine Bleeding, Bayi Newborn

Beberapa hari lalu, pemilik akun Tiktok @esawisesap membagikan kisah bahwa bayi perempuannya yang baru lahir mengalami menstruasi. Sang bayi mengalami keputihan di hari kedua setelah lahir, yang kemudian berlanjut mengalami menstruasi di hari ketiga lahir. Dalam segi medis, kondisi ini dikenal dengan istilah neonatal uterine bleeding (NUB). 

Neonatal uterine bleeding atau perdarahan uterus neonatal adalah kondisi di mana bayi perempuan baru lahir mengalami perdarahan vagina. Ini adalah perdarahan yang terjadi pada bayi perempuan dalam beberapa hari pertama atau minggu kehidupannya. NUB tidak sama dengan menstruasi, karena itu terjadi sebelum bayi mencapai usia pubertas.

NUB bisa terjadi karena efek hormon ibu yang masih ada dalam tubuh bayi, termasuk estrogen yang diteruskan dari ibu ke janin selama kehamilan. Estrogen dapat merangsang penebalan lapisan dalam rahim (endometrium) pada bayi perempuan yang baru lahir, yang kemudian dapat mengalami perdarahan setelah lahir.

NUB biasanya terjadi dalam beberapa hari pertama atau minggu pertama kehidupan bayi perempuan. Durasi perdarahan dapat bervariasi antara individu, tetapi secara umum NUB akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Penting untuk diingat bahwa perdarahan pada bayi perempuan yang baru lahir harus dievaluasi oleh tenaga medis yang kompeten untuk menyingkirkan penyebab lain yang mungkin terjadi. Jika perdarahan berlanjut lebih lama dari yang diharapkan atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti perdarahan yang berlebihan atau tanda-tanda infeksi, penting untuk berkonsultasi dengan ahli segera.

Setiap kasus NUB perlu dinilai secara individual, dan dokter atau profesional kesehatan anak akan memberikan informasi lebih lanjut tentang durasi dan penanganan yang tepat berdasarkan kondisi spesifik sang bayi.

Referensi:

  • Abdelaziz M, Azab AS, Sherief L, et al. Neonatal uterine bleeding: Case series, literature review, and management approach. Pediatr Neonatal. 2021 Feb;62(1):64-69. doi: 10.1016/j.pedneo.2020.07.004. PMID: 32718862. 
  • Belfort MB, Martin CR, Smith VC. Neonatal uterine bleeding: revisiting a forgotten condition associated with under-recognized risk. Clin Perinatol. 2005 Jun;32(2):567-82. doi: 10.1016/j.clp.2005.03.013. PMID: 15922785.
  • American Academy of Pediatrics. Uterine bleeding in the newborn. In: Guidelines for Perinatal Care, 9th Edition. Elk Grove Village, IL: American Academy of Pediatrics; Washington, DC: American College of Obstetricians and Gynecologists; 2012:348–349.
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Apa saja gangguan menstruasi yang bisa terjadi pada remaja ?
12 Des 2021
cover
Menstruasi Nggak Teratur, Bikin Susah Punya Anak?
7 Feb 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: