primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Rangkaian Stimulasi Sensori yang Tingkatkan Kemampuan Belajar Anak

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Sensori, Stimulasi

Stimulasi sensori sangat penting dalam tumbuh kembang anak karena dapat memengaruhi perkembangan otak dan kemampuan belajar anak. Stimulasi sensori dapat membantu anak mengenali dan memproses informasi dari lingkungan sekitarnya, yang pada gilirannya dapat memperkuat koneksi saraf dalam otak dan membantu meningkatkan kemampuan belajar anak.

Selain itu, stimulasi sensori juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak. Anak-anak yang terampil dalam memproses informasi sensori sering lebih mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka dan lebih percaya diri dalam interaksi sosial.

BeFunky-collage - 2023-04-14T154227.460.jpg

Dalam hal ini, MomDad perlu memperhatikan kebutuhan sensori anak dan memberikan rangsangan yang tepat dalam lingkungan yang aman dan mendukung. Jika diperlukan, mereka juga dapat meminta bantuan dari ahli terkait seperti terapis sensori atau psikolog anak untuk membantu merancang program stimulasi sensori yang tepat untuk si Kecil.

Berikut adalah beberapa contoh stimulasi sensori yang dapat meningkatkan pengalaman belajar si Kecil:

  • Stimulasi visual: Menggunakan benda-benda yang berwarna-warni atau gambar-gambar untuk meningkatkan daya imajinasi dan pemahaman visual anak.
  • Stimulasi auditori: Memutar musik atau menyanyikan lagu untuk membantu anak memperkuat ingatan dan mempelajari konsep-konsep baru.
  • Stimulasi taktil: Memberikan anak benda-benda seperti kain, bola, atau mainan yang berbeda tekstur untuk membantu meningkatkan kepekaan sensori dan memperkaya pengalaman taktil anak.
  • Stimulasi bau: Menggunakan bau-bauan yang berbeda seperti minyak esensial atau bahan masakan untuk membantu anak mengenali bau dan memperkaya pengalaman sensori.
  • Stimulasi rasa: Memberikan anak makanan atau minuman dengan rasa yang berbeda-beda untuk membantu meningkatkan kepekaan rasa dan memperkaya pengalaman sensori.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan stimulasi sensori yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin lebih sensitif terhadap rangsangan sensori tertentu, sementara yang lain mungkin lebih kurang responsif. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan individual anak dan memilih jenis stimulasi sensori yang sesuai untuk mereka.

Referensi:

  • Anselmi, P., & Palomba, D. (2017). Sensorial stimulation in early childhood education. Revista Brasileira de Educação, 22, e220008.
  • Bredenkamp, S., & Bailey, D. B. (2014). Sensory experiences and learning for young children: Designing effective sensory experiences. In Learning and cognition in autism (pp. 77-97). Academic Press.
  • Dunn, W. (2014). Supporting children to participate successfully in everyday life by using sensory processing knowledge. Infants & Young Children, 27(2), 110-122.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Rangkaian Stimulasi yang Sesuai untuk Melatih Motorik Halus ...
9 Jun 2022
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Melatih Aspek Kemandirian Bayi Usi...
24 Jun 2022
cover
Rangkaian Stimulasi agar si Kecil Cepat Berdiri dan Berjalan
9 Sep 2022
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Membantu Bayi Memegang Benda
16 Sep 2022
cover
Rangkaian Nutrisi ASI yang Membuatnya Istimewa untuk Bayi
10 Okt 2022
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Melatih Motorik Halus si Kecil
24 Okt 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: