primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Rangkaian Stimulasi agar si Kecil Cepat Berdiri dan Berjalan

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A

Topik: Stimulasi, Stimulasi Perkembangan, Perkembangan

Berdiri dan berjalan merupakan salah satu bagian penting dari tahapan proses tumbuh kembang si Kecil. Apabila ia tidak memiliki masalah, baik dari faktor dirinya sendiri, lingkungan, dan aktivitasnya, maka si Kecil tidak memerlukan latihan khusus untuk dapat berdiri dan berjalan.

Umumnya anak akan mencoba untuk berdiri dan berjalan sekitar 9 hingga 12 bulan. Dalam fase ini, ada banyak cara yang bisa MomDad lakukan untuk menstimulasi atau memberikan rangsangan agar si Kecil cepat berdiri dan berjalan melalui langkah yang sederhana. Apa saja caranya? Yuk, simak!

Memberikan banyak kesempatan floor time

Anak yang banyak bermain dan menjelajah sekitarnya akan memiliki kesempatan mengembangkan otot-otot besar tubuhnya agar mampu bergerak dan berpindah tempat dengan efisien.

Menyiapkan lingkungan yang aman untuk anak bereksplorasi

Pastikan MomDad menutup semua saklar listrik dan menjauhkan berbagai benda tajam atau yang berpotensi menyebabkan si Kecil terjatuh saat belajar jalan.

Menyediakan ‘pegangan’ untuk si Kecil yang mulai merambat

MomDad dapat membantu si Kecil belajar berjalan menggunakan benda-benda statis, seperti kursi pendek yang dapat menjadi tempat berpegangannya saat ia berdiri dan berjalan.

Menggunakan alat bantu seperti push walker

istockphoto-979159840-612x612.jpg

Saat ini sudah banyak dikembangkan alat untuk membantu anak berjalan, seperti push walker yang merangsang si Kecil untuk berdiri sendiri dengan roda yang dapat didorong dan dikunci sebagai pengaman sesuai kebutuhan.

Push walker digunakan dengan mendorong pegangan dari belakang, kemudian rodanya akan berputar sehingga si Kecil dapat berjalan maju dengan tetap berpegangan.

Meletakkan benda-benda yang menarik perhatian di lantai

customer-young-woman-choosing-baby-clothes-children-s-wear-shop-buying-store-infant-kids_461973-1134.jpg

Si Kecil akan belajar untuk berjongkok sembari mempertahankan keseimbangan tubuhnya agar tidak terjatuh. Hal ini memerlukan kekuatan otot-otot batang tubuh maupun ekstremitas yang harus dikembangkan. Pastikan si Kecil memiliki tempat berpegangan apabila dirinya mulai terhuyung-huyung.

Bertelanjang kaki

Bertelanjang kaki dapat memberikan input stimulasi sensori serta proprioseptif bagi si kecil untuk mengetahui posisi tubuh, merasakan dataran tempat dirinya menjejakkan kaki, serta mempertahankan keseimbangan hingga akhirnya dapat berjalan dengan baik.

Ajak si Kecil meraih mainan

Letakkan mainan pada posisi yang membuat si Kecil harus berusaha untuk meraih mainan tersebut, yaitu misalnya mainan diletakkan di lantai dan posisi anak lebih tinggi.

Jika si Kecil masih belum bisa belajar berjalan saat usianya menginjak 18 bulan, segera konsultasikan mengenai kondisinya ke dokter anak ya MomDad.

Ingin tahu tips dan informasi lainnya seputar stimulasi? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: Freepik

Referensihttps://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-melatih-anak-berdiri-dan-berjalan

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Rangkaian Stimulasi yang Sesuai untuk Melatih Motorik Halus ...
9 Jun 2022
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Melatih Aspek Kemandirian Bayi Usi...
24 Jun 2022
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Membantu Bayi Memegang Benda
16 Sep 2022
cover
Rangkaian Nutrisi ASI yang Membuatnya Istimewa untuk Bayi
10 Okt 2022
cover
Rangkaian Stimulasi Sensori yang Tingkatkan Kemampuan Belaja...
15 Apr 2023
cover
Rangkaian Stimulasi untuk Melatih Motorik Halus si Kecil
24 Okt 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: